Selasa 24 Nov 2015 08:28 WIB

Surena, Robot Ini Bisa Main Bola Hingga Kerja di Manufaktur

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Surena generasi ketiga
Foto: Universitas of Tehran/Daily Mail
Surena generasi ketiga

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Iran tidak main-main dalam mengembangkan tekonogi. Hal itu dibuktikan dari terciptanya sebuah robot dengan bentuk dan ukuran yang menyamai manusia. University of Tehran membuat robot yang dinamakan Surena. Kini, seperti yang dilansir dari Dailymail Senin (23/11), Surena telah dikembangkan hingga generasi ketiga.

Profesor Yousefi Koma, pemimpin proyek robotik di kampus tersebut mengatakan Surena generasi ketiga ini rencananya akan digunakan untuk industri manufaktur, industri kesehatan dan membantu operasi. Surena hampir menyerupai robot besutan dari Honda yang bernama Asimo.

Namun, Iran mengklaim bahwa Surena sedikit lebih cerdas dari rivalnya itu. Surena memiliki tinggi 190 cm dan berat 98 kilogram. Ia dapat berjalan, mengenal wajah serta meniru gerakan.  Bagian bawah robot yang dikembangkan selama delapan tahun ini digerakan oleh dinamo. Sedangkan bagian atas digerakan oleh beberapa servomotor.

Rangkaian penggerak itu membuat Surena mampu berjalan di permukaan yang tidak rata. Bahkan, ia juga dapat menendang bola serta menangkap benda yang dilemparkan kepadanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement