Kamis 19 Nov 2015 06:38 WIB

Arkeolog Temukan Permainan Ala Jumanji Berusia 1.500 Tahun

arkeolog menemukan permainan ala jumanji berusia 1.500 tahun
Foto: Daily Mail
arkeolog menemukan permainan ala jumanji berusia 1.500 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, Para arkeolog di Cina menemukan potongan-potongan kuno dari permainan papan yang telah dimainkan selama 1.500 tahun. Permainan ini ditemukan di dalam sebuah makam berumur 2.300 tahun di Qingzou.

Para arkeolog menemukan 14 gambar wajah yang ada di potongan gigi binatang, 21 potongan persegi panjang yang diberi penomoran dan ubin yang digunakan untuk papan permainan. Laman Daily Mail menulis, mungkinkan ini permainan Jumanji yang sebenarnya?

Ketika arkeolog mencoba merekonstruksi, arkeolog menemukan angka satu sampai 6, masing-masing muncul dua kali di naskah dalam bentuk tulisan Cina kuno. Arkeolog juga menemukan ubin permainan yang dihiasi dua mata yang dikeliling oleh pola awan dan guntur.

Tidak banyak yang tahu bagaimana permainan ini dimainkan untuk menghibur mereka. Namun, puisi berumur 2.200 tahun memberikan sedikit pencerahan mengenai hal ini. Permainan yang disebut Liu Bo ini dimainkan dengan dadu bambu, mereka maju bersama-sama dan saling mengalahkan satu sama lain.

Ketika makam ini dibangun, Cina terpecah menjadi beberapa bagian wilayah karena perang. Makam ini diduga khusus dibangun untuk bangsawan dari negara Qi. Selama abad ketiga SM pada tahun 221, Qi ditaklukkan oleh negara lain. Saat ini, Qi dipimpin oleh Shi Huangdi Qin. Dia adalah orang pertama yang menjadi kaisar setelah Cina menjadi satu negara.

Makam itu pernah dijarah. Para arkeolog juga menemukan kerangka poros di dalam makam Arkeolog menduga mayat tersebut merupakan salah satu sisa penjarah makam pada saat itu. "Peti mati itu hampir semuanya digali dan dirampok, ada kerusakan parah," tulis para arkeolog.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement