Rabu 18 Nov 2015 17:15 WIB

Pertama Kali, Ilmuwan Gunakan Laser untuk Dinginkan Air

Pena laser
Foto: ist
Pena laser

REPUBLIKA.CO.ID, Para ilmuwan berhasil memanfaatkan laser untuk mendinginkan benda. Ini merupakan kali pertama laser tidak digunakan untuk memanaskan. Laser jamak dikenal sebagai senjata. Kerusakan yang ditimbulkan berasal dari efek panas yang dihasilkan oleh laser.

Peter Pauzauskie, peneliti dari ilmu meterial Universitas Washington beserta timnya menggunakan laser inframerah untuk mendinginkan air hingga suhu 20 derajat Celcius. "Ini merupakan pertanyaan terbuka apakah bisa dilakukan karena air biasanya menghangat ketika diberi sinar," ujar dia, seperti dikabarkan Science Alert.

Dalam penjelasan di jurnal PNAS, tim berhasil mendinginkan air menggunakan laser. Bagaimana caranya? Mereka menggunakan laser secara terbalik untuk menyinari kristal air yang tersuspensi. Hasilnya, kristal bersinar dengan energi yang lebih besar dibandingkan sinar yang diserap. Dampak dari penyinaran tersebut, laser 'membuang' panas dari kristal dan air di sekitarnya.

Ilmuwan berpendapat jika sistem ini dibuat lebih efisien, kegunaan laser sebagai pendingin sangat banyak. Peneliti mengatakan secara teori, laser bisa memperlambat proses biologis untuk kepentingan ilmiah.

"Ada banyak kepentingan bagaimana sel membelah, molekul berfungsi dan hal itu tidak mungkin dilakukan jika zat-zat tersebut tidak didinginkan," kata dia.

Menggunakan laser pendingin memungkinkanuntuk memperlambat proses biologis. Selain itu, laser ini bisa digunakan untuk mendinginkan mikroprosesor di dalam komputer atau komponen lan yang bisa mengurangi kinerja hardware.

"Hanya sedikit orang yang berfikir bagaimana menggunakan laser pendingin ini untuk memecahkan masalah karena menggunakan laser untuk mendinginkan belum mungkin dilakukan sebelumnya," kata dia.