Rabu 18 Nov 2015 10:41 WIB

Apple Patenkan Teknologi Eye Tracking

Rep: c11/ Red: Dwi Murdaningsih
iPhone 5, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus dijejerkan secara berurutan.
Foto: Mashable
iPhone 5, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus dijejerkan secara berurutan.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Apple dikabarkan akan melengkapi iPhone dengan fitur pelacakan mata atau software eye tracking. Baru-baru ini, Apple mendapatkan paten untuk teknologi tersebut.

Perangkat lunak ini dirancang untuk melacak jalur pandangan pengguna. Nantinya, akan ditampilkan pemberitahuan bila mata Anda terfokus pada bagian tertentu dari layar.

Diajukan oleh Apple pada September 2012, paten baru ini menguraikan bagaimana perangkat mendeteksi tatapan. Hal ini dapat menunda autocorrect dari kata yang salah eja jika mata pengguna tidak terfokus pada kata. Ini diklaim akan menjadi "lebih intuitif".

(Baca juga: Apple patenkan teknologi iPanic)

Eye tracking dapat berlaku untuk pemberitahuan yang disarankan, seperti menunda pengiriman notifikasi pesan sampai pengguna memperhatikan layar. Contoh lain, bisa untuk pop-up pemberitahuan pesan suara, pemberitahuan berita, atau perangkat lunak dan aplikasi update dengan paten yang disarankan.

(Baca juga: Apple patenkan teknologi iRing)

Penggunaan teknologi biometrik, termasuk suara dan pengenalan wajah dan sidik jari dan pemindaian retina menjadi semakin biasa dengan metode pembayaran dan identifikasi.

(Baca juga: Paten-paten teranyar Apple)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement