Selasa 17 Nov 2015 17:20 WIB

Baterai-Baterai Terawet di Dunia

Aplikasi penghemat baterai
prinsip kerja quantum dot

Para ilmuwan percaya bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengisi baterai smartphone dalam waktu sesingkat-singkatnya, yakni hanya 30 detik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Quantum Dot (QD) yang mampu mengisi baterai secara cepat.

QD merupakan partikel kecil dari bahan semikonduktor yang ukurannya 10 ribu kali lebih kecil dari rambut manusia. Partikel ini juga memiliki sifat listrik yang unik. Akan tetapi sampai saat ini efek dari partikel tersebut hanya berlangsung dalam beberapa siklus. Para peneliti telah menemukan QD dari pirit besi atau sebuah mineral yang berwarna emas.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Cary Pint, asisten profesor teknik mesin di Universitas Vanderbilt mengatakan bahwa QD dapat membuktikan kecepatannya dalam pengisian baterai. Ia menjadi tertarik dengan pirit besi karena merupakan salah satu bahan yang paling melimpah di permukaan bumi. Pirit besi diproduksi dalam bentuk mentah sebagai produk sampingan dari produksi batu bara dan sangat murah yang digunakan dalam baterai lithium.

sumber : arsip republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement