Jumat 13 Nov 2015 09:50 WIB

Isi Baterai Smartphone Hanya 30 Detik dengan 'Quantum Dot'

Rep: c11/ Red: Dwi Murdaningsih
prinsip kerja quantum dot
Foto: daily mail
prinsip kerja quantum dot

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para ilmuwan percaya bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengisi baterai smartphone dalam waktu sesingkat-singkatnya, yakni hanya 30 detik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Quantum Dot (QD) yang mampu mengisi baterai secara cepat.

QD merupakan partikel kecil dari bahan semikonduktor yang ukurannya 10 ribu kali lebih kecil dari rambut manusia. Partikel ini juga memiliki sifat listrik yang unik. Akan tetapi sampai saat ini efek dari partikel tersebut hanya berlangsung dalam beberapa siklus. Para peneliti telah menemukan QD dari pirit besi atau sebuah mineral yang berwarna emas.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Cary Pint, asisten profesor teknik mesin di Universitas Vanderbilt mengatakan bahwa QD dapat membuktikan kecepatannya dalam pengisian baterai.

"Para peneliti telah menunjukkan bahwa material nano secara signifikan dapat meningkatkan baterai, tapi ada batasnya, "kata Pint dilansir dari laman Dailymail, Jumat (13/11).

Ia menjadi tertarik dengan pirit besi karena merupakan salah satu bahan yang paling melimpah di permukaan bumi. Pirit besi diproduksi dalam bentuk mentah sebagai produk sampingan dari produksi batu bara dan sangat murah yang digunakan dalam baterai lithium. Pint yakin dimensi nanomaterial sangat memungkinkan untuk terjadinya evolusi kenierja baterai yang sangat signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement