Jumat 13 Nov 2015 09:36 WIB

Tak Hanya Tiket, Obat Kini Juga Bisa Dibeli Lewat Aplikasi

Aplikasi proSehat
Foto: ProSehat
Aplikasi proSehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menebus obat resep sekarang jadi lebih mudah. Jika dulu, pasien atau keluarga pasien harus mengantre, kini membeli obat bisa dilakukan hanya menggunakan aplikasi. Aplikasi Andoid ProSehat membantu pasien membeli obat dengan mudah. Untuk menjamin keamanan dan keaslian produk kesehatan, maka ProSehat bekerja sama dengan berbagai apotek lokal dan resmi yang tersebar di berbagai lokasi terutama kota Jakarta.

Aplikasi ProSehat ini dikembangkan oleh tim berlatar belakang medis, yakni dr. Bimo, dr. Agnes dan Wiguno. Mereka telah menjalankan selama beberapa tahun Portal Tanya Jawab Kesehatan TanyaDok.com.  Dengan aplikasi ini, pengguna bisa dengan tenang bisa menunggu sambil beristirahat di rumah, obat akan diantar dari apotek resmi dengan pembayaran melalui transfer bank maupun cash-on-delivery (COD) khusus area Jakarta. Aplikasi Android ProSehat dirilis perdana bertepatan dengan hari pahlawan (10/11) di acara konferensi “Tech in Asia”.

Tim pendiri ProSehat yang berlatar belakang dokter, membuat mereka sangat memperhatikan keselamatan pasien. "Oleh karena itu, setiap resep obat atau permintaan pesanan obat yang masuk melalui aplikasi ProSehat akan disaring dan diverifikasi oleh apoteker yang bersertifikat dan berpengalaman,ujar dr Bimo.

Menurut dia, keseluruhan proses ProSehat diawasi oleh tenaga kesehatan profesional dan dibuat dengan alur yang mudah. Selain kirim resep di aplikasi ProSehat, pengguna bisa memeriksa harga obat bebas dan suplemen yang dibutuhkan. Menggunakan kode kupon promosi juga dapat membantu keluarga Indonesia memenuhi kebutuhan kesehatan dengan belanja lebih hemat.

Fitur utama untuk kirim resep dengan melakukan beberapa langkah. Pertama, calon pembeli langsung mengirim foto atau unggah resep dokter dari galeri foto di ponsel cerdas. Jangan lupa menuliskan diagnosis dokter atau keluhan yang dirasakan untuk memudahkan proses verifikasi resep. Selanjutnya, pengguna perlu mengisi detail pengiriman dan pasien. Disini mungkin Anda perlu daftar menjadi anggota untuk mendapatkan fasilitas pemantauan pesanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement