Jumat 13 Nov 2015 08:16 WIB

Balikpapan Gandeng XL Kembangkan Smartcity

Kerjasama XL dengan Pemkot Balikpapan untuk Pengembangan Smart City
Kerjasama XL dengan Pemkot Balikpapan untuk Pengembangan Smart City

REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN-- XL Axiata dan Pemkot Balikpapan menjalin kerja sama untuk pengembangan smartcity. Melalui program ini, XL akan mengimplementasikan aplikasi digital untuk reservasi rumah sakit, pembayaran uji kir kendaraan bermotor dengan uang elektronik, dukungan promosi untuk pelaku UKM, serta website untuk panti asuhan/rumah yatim.

Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan dan Walikota Balikpapan, H.M. Rizal Effendi, SE., bersama meluncurkan implementasi program kota pintar atau XmartCity tersebut di Balikpapan, Kamis (12/11).

Ongki Kurniawan mengatakan dukungan untuk masyarakat Kota Balikpapan ini berdasarkan konsep Sustainable Development Goals dari PBB, yaitu dengan menerapkan 5 dari 17 sasaran. Kelimanya adalah dukungan pada sarana kesehatan, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, inovasi, infrastruktur, serta program pemberdayaan komunitas masyarakat secara berkelanjutan.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi menjelaskan bahwa Balikpapan terus mengalami kemajuan di segala bidang secara signifikan, dan kini menjadi salah satu kota industri utama di Kalimantan. '' Kami pun akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga seiring dengan terus meningkatnya kualitas hidup masyarakat,'' kata Rizal.

Dijelaskan bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menawarkan manfaat untuk bisa kita pakai guna meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. ''Karena itu, kami menggandeng XL untuk kerjasama XmartCity ini untuk memecahkan beberapa persoalan yang ada,” kata Rizal.

Ongki menambahkan, melalui program-program kerjasama XmartCity seperti ini, XL berharap bisa secara langsung mengenalkan manfaat besar dari keberadaan teknologi internet dan digital. Teknologi ini bisa menjadi solusi atas persoalan publik yang dihadapi warga dan aparat pemerintah menyangkut kepentingan publik, serta bisa untuk meningkatkan produktivitas siapa pun penggunanya, termasuk kalangan UKM.

Program kerjasama dengan Pemkot Balikpapan berpijak pada program pemerintah mengenai Rencana Pitalebar Indonesia (Indonesia Broadband Plan) 2014-2019 yang tertuang dalam Kepres No. 96/2014 melalui BAPPENAS. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan serta mendukung pertumbuhan pembangunan nasional dan daya saing Indonesia di tingkat global, serta peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Untuk Indonesia Brodband Plan 2015-2016, XL mentargetkan 3 kota, yaitu Balikpapan, Jembrana, dan Pekalongan. Disamping kota-kota tersebut, saat ini, XL sangat aktif membantu Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat untuk pengembangan kota pintar di daerah masing-masing.

Kerjasama XL dengan Pemkot Balikpapan meliputi pengembangan solusi “Aplikasi Reservasi Rumah Sakit secara Online”, penggunaan XL Tunai untuk pembayaran Kir Kendaraan Bermotor, promosi UKM, serta pemberdayaan komunitas masyarakat setempat. XL menggandeng perguruan tinggi setempat, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Balikpapan untuk membangun solusi digital reservasi rumah sakit, serta meyiapkan situs untuk UKM dan pemberdayaan panti asuhan/rumah yatim.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement