Kamis 12 Nov 2015 13:46 WIB

Mau Jadi Seleb Youtube Space? Begini Caranya

Rep: Agung Sasongko/ Red: Dwi Murdaningsih
Visitors stand in front of a logo of YouTube at the YouTube Space Tokyo, operated by Google, in Tokyo February 14, 2013.
Foto: Reuters/Shohei Miyano
Visitors stand in front of a logo of YouTube at the YouTube Space Tokyo, operated by Google, in Tokyo February 14, 2013.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Televisi tak lagi menjadi satu medium untuk dikenal banyak orang. Jejaring video seperti Youtube dan Youtube Space menjadi alternatifnya. Kualitasnya pun tak kalah, justru mungkin lebih kreatif karena menggunakan set studio yang sama.

Head of Youtube Space Tokyo, Dorian Stone mengatakan, sejak diperkenalkan tahun 2012 lalu, Youtube Space sudah dilihat 100.000 kali dengan lebih 11.000 karya video dan 800 acara.”Antusiasme pengunjung dunia maya sangat bagus,” kata dia saat jeda kunjungan Youtube Space Jepang, Tokyo, Selasa (11/11).

Menurut Stone, video internet telah menjadi medium yang diburu untuk berbagai alasan. Ada yang ingin menjadi terkenal. Ada yang ingin memberitahu tentang sesuatu semacam edukasi. Ada pula yang hanya sekedar narsis. “Tergantung tujuannya,” kata dia.

Dorian yang bertugas berkolaborasi dengan kreator YouTube se-Asia mengatakan konsistensi merupakan satu kunci rahasia sukses di dunia maya. Seperti halnya, mekanisme penyiaran standar ada jadwal dan waktu tayang. Youtube Space juga demikian, bedanya jadwal dan waktu tayang dibuat oleh kreatornya.

“Anda tahu, jadwal regular meningkatkan secara dramatis jumlah viewer yang Anda dapatkan,” kata dia.

Misalnya, Anda punya konten yang ingin ditayangkan setiap Jumat. Konten tersebut harus terulang pada hari dan jam yang sama. Apabila, konten tersebut menarik dan popular dikalangan pengunjung, ketika terjadi keterlambatan upload atau tidak konsisten menepati jadwa yang ada secara perlahan audiens akan meninggalkan apa yang Anda buat.

Selanjutnya, kata dia, tentukan format. Maksudnya, sebagai kreator layaknya produser dalam program televisi, Anda bisa menentukkan format acara yang ingin anda buat. Kuncinya proses kreatif ini jangan terlalu sering berubah. Setelah format terbentuk, akan lahir karakter dan tema yang akan ditonjolkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement