Rabu 11 Nov 2015 09:47 WIB

Hati-Hati, Malware Ini Bisa Merusak Ponsel Android Anda

Rep: MgROL49/ Red: Dwi Murdaningsih
malware
malware

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bug penghancur smartphone ditengarai bersembunyi di Facebook, WhatsApp dan Candy Crush. Bug ini membahayakan jutaan pengguna. Smartphone Android menghadapi virus menakutkan lagi setelah ahli keamanan malware menemukan yang komprehensif dalam aplikasi populer dan hampir mustahil untuk dapat dihapus.

Menurut perusahaan keamanan Lookout, bug terdiri dari tiga nama yang berbeda yaitu Shedun, Shuanet dan ShiftyBug. Ketiga versi tersebut berisi kode yang sama bertindak dengan cara yang sama dengan potensi untuk menghancurkan smartphone anda.

Dilansir dari Mirror, malware ini akan menyamar dibeberapa aplikasi populer seperti WhatsApp, Candy Crush atau Facebook. Adware yang menyamar akan memasuki sisten root smartphone anda, sehingga sangat sulit untuk dihapus.

Lookout mengatakan siapa pun ingin menghapus adware bug akan memerlukan bantuan profesional untuk menghapusnya atau harus membeli telepon baru. Perusahaan menjelaskan sebagian besar aplikasi palsu didownload dari app store ataupun pihak ketiga.

"Terinfeksi dengan Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug mungkin berarti menuntun anda berjalan ke toko untuk membeli telepon baru," ujar Lookout, (9/11).

Adware memang bertujuan untuk meyakinkan pengguna agar menginstal aplikasi baru dengan menampilkan banner dan pop up yang mengganggu, dan bahkan terkadang aplikasi tersebut terinstall sendiri tanpa harus menunggu persetujuan dari si pengguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement