Senin 09 Nov 2015 03:14 WIB

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Hedy Lamarr Pememu WiFi

google doodle ulang tahun Hedy Lamar ke 101.
Foto: Google
google doodle ulang tahun Hedy Lamar ke 101.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google doodle hari ini, Senin (9/11) merayakan kelahiran Hedy Lamarr, aktris Hollywood yang kelahiran Wina, Austria 101 tahun lalu. Pemilik nama asli Hedwig Eva Maria Kiesler ini dijuluki sebagai 'wanita paling cantik di dunia.' Selain dikenal sebagai aktris, Lamarr juga seorang penemu.

Lamarr lahir 9 November 1914 dan meninggal pada 19 Januari 2000 dalam usia 86 tahun. Dia adalah seorang aktris sekaligus matematikawan. Kontribusinya dikenal dalam komunikasi nirkabel ketika dia mencoba meredakan ancaman militer selama perang dunia kedua. Dia mengembangkan versi awal komunikasi spektrum yang merupakan bagian dasar untuk teknologi nirkabel seperti bluetooth dan wifi.

Lamarr menjadi aktris pada usia 18 tahun di Eropa. Perjalanan hidupnya, dia pernah menikah beberapa kali. Salah satunya dengan Friedrich Mandl, produsen persenjataan yang berusia 14 tahun lebih tua.  Mandl kabarnya melarang Lamarr mengejar karir di bidang film.

Selama keduanya berumah tangga Lamarr sering diajak untuk menemani Mandl berdiskusi dengan mitra bisnisnya di bidang militer. Saat menikah dengan Mandl inilah bakat sains Lamarr tersalurkan sehingga menghasilkan penemuan teknologi nirkabel yang berguna dalam dunia komunikasi hingga saat ini. Pernikahan Lamarr dan Mandl tidak berlangsung selamanya. Setelah bercerai dengan Mandl, Lamarr pindah ke Hollywood untuk melanjutkan karir keaktrisannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement