Senin 09 Nov 2015 01:47 WIB

Kardus Ini Buat Sensasi Nonton Youtube Serasa di IMAX

Rep: c09/ Red: Dwi Murdaningsih
Sensasi menonton video Youtube menggunakan Cardboard.
Foto: Daily Mail
Sensasi menonton video Youtube menggunakan Cardboard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- YouTube membuka jalan bagi penggunanya untuk menikmati film interaktif dengan menambahkan fitur baru. Fitur yang mendukung video virtual reality (VR) itu menyuguhkan gambar yang lebih realistis dengan perspektif 360 derajat.

Untuk menggunakannya, pengguna bisa menekan tombol mode VR pada video di aplikasi YouTube pada ponsel. Kemudian letakkan ponsel di dalam perangkat 'Google Cardboard' yang dibuat dari karton namun bisa memberikan pengalaman menonton video di Youtube yang lebih menyenangkan.

YouTube mengatakan, saat ini ada sekitar selusin video VR yang bisa ditonton, salah satunya adalah film hollywood 'Hunger Games.' Dengan menggunakan perangkat karton, pengguna YouTube akan melihat layar ponsel menyerupai layar teater IMAX.

Direktur eksekutif perdagangan VR Immersive Technology Alliance, Neil Schneider, mengatakan YouTube telah memperkenalkan video 3D and format high-definiton pada 2009.

"Tidak mengejutkan jika kemudian YouTube menambahkan fitur virtual reality," kata dia, seperti dilansir Daily Mail.

Schneider mengatakan, masyarakat pasti mengira akan banyaknya konten-konten video VR berkualitas tinggi di YouTube. Konten amatir akan sulit didapat, sebab pembuatan video VR memakan biaya yang mahal.

Akan tetapi, Jay Iorio, anggota Institute of Electrical and Electronics Engineers yang telah banyak membuat video VR, mengatakan suatu saat ponsel pintar akan bisa melakukan pembuatan video VR dan hal itu tidak akan mengejutkan.

"Orang mungkin akan memiliki peralatan yang saya miliki sekarang dalam ponselnya dalam beberapa tahun ke depan," ujarnya.

Aplikasi YouTube yang sudah diperbarui dengan Cardboard ini baru tersedia di ponsel Android. Sedangkan di ponsel iOS baru akan segera dirilis beberapa waktu mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement