Senin 26 Oct 2015 13:40 WIB

Laboratorium Audio Microsoft Jadi Tempat Paling Hening Sedunia

Laboratorium audio Microsoft
Foto: Microsoft/science alert
Laboratorium audio Microsoft

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Laboratorium audio milik Microsoft dinobatkan menjadi tempat paling hening sedunia. Laboratorium yang dibangun di Redmond, Washington ini tercatat dalam Guiness Wolrd Record sebagai tempat paling tenang di dunia.

Tempat ini bebas dari gema (echo). Menurut pengujian, ruangan ini memiliki tingkat kebisingan pada -20,6dBA (desibel A weighted). Ukuran ini termasuk dalam katagori sangat tenang. Labortaorium ini memiliki tiga ruangan untuk menjaga getaran di tingkat absolut. Dinding ruangan tertutup dari bahan kedap suara. Material ini menyerap setiap getaran yang ada.

 "Semua suara diserap," ujar petinggi Microsoft, seperti diberitakan Science Alert.

Sebagai gambaran, kesenyapan -23 dBA adalah sebuah keadaan dimana hanya ada partikel udara yang bergerak acak di dalam ruangan. Manusia masih dapat mendengar suara dengan ukuran nol deibel. Alhasil, ketenangan dengan ukuran -20 dBA adalah sebuah prestasi yang mengesankan.

Saat ini para insinyur menggunakan laboratorium tersebut untuk membuat berbagai aplikasi. Khususnya, mereka menggunakan tempat ini untuk terus memperbarui aplikasi Cortana, alias asisten pribadi yang tersedia pada Windows Phone. Teknologi pengurangan kebisingan terus berkembang sepanjang waktu. Guiness World Records mencatat pada tahun 2004, rekor terhening di dunia saat itu baru mencapai -9 dBA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement