Kamis 22 Oct 2015 06:08 WIB

Tiga Sensor Ini Mempermudah Aktivitas Penyandang Disabilitas

kursi roda otomatis
Foto: Ilfscience
kursi roda otomatis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi semakin mempermudah kehidupan orang-orang difabel. Kemajuan teknologi bisa membantu aktivitas penyendang disabilitas agar bisa melakukan aktivitas dengan baik. Berikut beberapa teknologi yang baru-baru ini ditemukan untuk membantu aktivitas penyandang disabilitas:

1. Kursi Roda Pintar

Sepuluh mahasiswa dari Swiss Federal Institute of Technologu (ETH) Zurich dan Zurich University of Arts membuat kursi roda pintar. Mereka merancang kursi roda yang yang memiliki kemampuan untuk naik tangga. Dengan produk ini, penyandang disabilitas bisa beraktivitas dengan lebih mudah. Mereka tidak perlu lagi didorong oleh orang lain untuk menaiki tangga.

Dilansir dari ilfscience, kursi roda yang dinamakan Scalevo ini menggunakan teknologi gyroskopik. Teknologi yang dilengkapi dengan mode 'balance' ini menjadi mudah digunakan, digerakkan, berputar. Di lingkungan yang datar, kursi roda ini bisa digunakan sejauh 10 kilometer dengan kecepatan 6,2 mil per jam. Kursi roda ini juga dilengkapi dengan perangkat yang bisa tetap berjalan meski di lingkungan tangga yang berundak.

Ini bukan teknologi pertama untuk produk kursi roda. Johnson dan Johnson menciptakan kursi roda yang disebut iBot. Namun, produk itu dihentikan produksinya pada 2009 produksinya lantaran tidak terlalu berhasi dan mahal. Saat ini Scalevo belum dijual secara komersil, namun para mahasiswa ini berupaya agar kursi roda bisa tersedia untuk lebih banyak orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement