Rabu 21 Oct 2015 10:38 WIB

Perjalanan Jokowi di Jagad Twitter #1TahunJokowi

Postingan akun twitter Jokowi dengan pembalab Rio Haryanto pada  13 Agustus 2015.
Foto: Twitter
Postingan akun twitter Jokowi dengan pembalab Rio Haryanto pada 13 Agustus 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu tahun yang lalu Twitter ramai oleh percakapan pengguna Indonesia tentang pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-7. Setelah absen berkicau selama delapan bulan, Jokowi kembali membuka akun Twitter pribadinya, @jokowi, agar dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memiliki lebih dari 2.3 juta followers. Per hari ini, angka tersebut meningkat lebih dari 50 persen. Follower Jokowi hampir 3,7 juta orang. @jokowi juga menjadi Presiden pertama di kawasan Asia Pasifik yang memiliki dan menggunakan Periscope untuk berkomunikasi langsung dengan rakyatnya.

Dari data Twitter, bulan Juli 2015 menjadi bulan penambangan follower Jokowi terbanyak. Twitter mencatat penambahan follower Jokowi hingga 236 ribu. Dari bulan Juni hingga Oktober 2015 ini, Jokowi 'berkicau' sebanyak 127 kali.

Rata-rata, dalam lima bulan terakhir Jokowi 4 kali nge-twit dalam sehari. Foto Jokowi dengan Rio Haryanto adalah postingan Jokowi yang mendapatkan respons terbanyak. Foto yang dunggah pada 13 Agustus 2015 ini mendapat 2.787 retweet dan difavoritkan oleh 1.334 akun. Ketika itu, Jokowi menulis: Rio Haryanto harumkan nama #Indonesia di dunia balap untuk maju ke ajang F1. Dukung anak muda berprestasi dunia -Jkw.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement