Ahad 18 Oct 2015 09:26 WIB

Dalam Hitungan Detik, USB Ini Bisa Rusak Komputer

USB dark purple
Foto: The Telegraph/blog
USB dark purple

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Peneliti kemanan siber di Rusia menciptakan sebuah USB sederhana yang bisa merusak mesin ketika terhubung dengan laptop atau perangkat elektronik. USB yang diberi nama 'dark purple' itu bisa mengirimkan tegangan sebesar 220 volt melalui garis sinyal interface USB. Alhasil, seketika laptop menjadi mati.

Menurut laman The Telegraph, USB tersebut tidak hanya bisa menyerang komputer. USB ini juga bisa melumpuhkan smeua perangkat yang dilengkapi dengan drive USB. Misalnya, TV, router maupun modem. Namun, meskipun laptop atau perangkat yang berhubungan dengan USB ini akan terlihat mati total, gadget-gadget tersebut akan bisa kembali setelah motherboard diganti. Dalam blognya, si pembuat USB ini Graham Cluley mengatakan memang sedang menguji prototipe yang bisa menghancurkan komputer.

Dalam sebuah video yang juga diunggah dalam laman blognya, peneliti itu memperlihatkan bagaimana USB bisa mematikan laptop. Laptop tidak bisa menyala kembali.  Lalu, apakah USB ini sepenuhnya berbahaya atau merugikan pengguna? Di sisi lain, USB ini dianggap bagus lantaran meskipun laptop akan rusak, data yang tersimpan pada hard drive tidak terhapus. Kadang, data-data yang ada pada laptop justru lebih berharga dibandingkan harga gadget tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement