Sabtu 10 Oct 2015 05:35 WIB

Wow, Pluto Ternyata Miliki Langit Biru dan Es

Rep: c09/ Red: Ani Nursalikah
Foto berwarna pertama yang dirilis NASA menunjukkan kabut biru menyelimuti planet Pluto.
Foto: nasa/independent
Foto berwarna pertama yang dirilis NASA menunjukkan kabut biru menyelimuti planet Pluto.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- NASA meluncurkan gambar berwarna pertama dari kabut biru cerah yang mengelilingi Pluto. Selain itu, NASA juga menunjukan gambar bercak es di planet kerdil tersebut.

Peluncuran gambar tersebut menarik banyak perhatian dan dianggap sebagai misi horizon baru yang menakjubkan. Ilmuwan antariksa dari Institut Riset Southwest Alan Stern menggambarkan Pluto sebagai planet 'hidup'.

"Siapa yang menyangka akan ada langit biru cerah di planet kecil ini? Ini menakjubkan," kata Alan, seperti dikutip The Independent, Jumat (9/10).

Sedangkan peneliti antariksa Carly Howett, mengatakan warna biru mencolok membuat NASA bisa memprediksi ukuran dan komposisi partikel kabut.

"Langit biru merupakan hasil dari hamburan cahaya matahari oleh partikel yang sangat kecil. Di bumi, partikel-partikel tersebut adalah molekul nitrogen yang sangat kecil. Pada Pluto, partikel itu tampak lebih besar yang disebut tholins," ujar Howett.

NASA juga mengklaim telah menemukan es di planet tersebut. Es yang ditemukan berkorelasi dengan bercak merah yang terlihat di permukaan Pluto.

"Saya terkejut melihat es yang begitu merah. Kami belum memahami hubungan antara es dan tholin yang berwarna kemerahan di permukaan Pluto," ujar anggota tim sains dari Universitas Maryland, Silvia Protopapa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement