Senin 05 Oct 2015 17:56 WIB

Bug 'Starefright 2.0' Mungkinkan Android Diretas Lewat Mp3

Rep: MGROL49/ Red: Yudha Manggala P Putra
Malware incar android.Ilustrasi.
Foto: Geek.com
Malware incar android.Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waspadalah ketika membuka video atau mp3 dari internet melalui ponsel Android Anda. Pasalnya, melalui file itu peretas kini bisa memanfaatkan cacat pada sistem operasi ponsel Anda untuk menguasainya.

Kelompok tim bernama Zimperium Security baru saja menemukan bug, yang mereka namai Stagefright 2. Ini merupakan temuan kedua mereka setelah Stagefright 1.

Bedanya jika bug pertama yang pertama mereka temukan  memungkinkan pengguna menguasai perangkat Android lewat pesan MMS, Starefright 2 memungkinkan peretas melumpuhkan perangkat melalui dokumen berformat mp3 (audio) dan mp4 (video).  

Jika pengguna mengunjungi situs berisi dokumen lagu dan video yang terinfeksi dan mengaksesnya, maka celah pada sistem operasi Android tersebut memungkinkan penyerang untuk mengakses perangkat dan menjalankan coding dari jarak jauh. 

Peretas bisa memperoleh akses penuh ke perangkat korban, dan menginstall program berbahaya hingga mencuri informasi penting di dalamnya.

Bug baru ini disebut lebih berbahaya dari temuan sebelumnya. Karena tidak seperti bug pertama yang ditemukan, Starefright 2.0 tidak sampai mengharuskan penyerang untuk mengetahui nomor pengguna terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement