Jumat 18 Sep 2015 16:21 WIB

Cina Bakal Garap Teknologi Kereta Cepat di AS

XpressWest
Foto: XPressWest
XpressWest

REPUBLIKA.CO.ID, VEGAS -- Amerika Serikat Bermitra dengan Cina untuk membangun kereta relasi Los Angeles dan Vegas. Keduanya sedang mengembangkan kereta bekecepatan 240 km/jam. Sebelumnya, jarak 370 km antara Los Angeles dan Vegas ditempuh selama 4 jam menggunakan mobil.

Dilansir dari laman ScienceAlert, jika kereta cepat ini kelar, nantinya perjalanan dua kota tersebut cukup ditempuh dalam waktu 80 menit saja. Waktu tempuh ini sedikit lama dibandingkan dengan naik pesawat. Namun, kereta ini akan menjadi solusi bagi orang-orang yang malas naik pesawat. Difasilitasi oleh perusahaan swasta AS dan konsorsium Cina Railway Grup, pembangunan proyek ini akan dimulai pada akhir 2016.

Proyek yang disebut XpressWest ini memerlukan waktu empat tahun untuk pembahasan. Proyek ini memerlukan biaya 7 miliar dolar AS. Ini akan menjadi kereta cepat pertama dari Cina di Amerika Utara. "Ini adalah proyek kereta api berkecepatan tinggi kerja sama Cina dan AS," ujar Yang Zhongmin, wakil dari Cina Railway Grup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement