Ahad 13 Sep 2015 03:42 WIB

Santri Madura Luncurkan Aplikasi Android Nahwu-Sorrof

Buku panduan cara cepat membaca kitab dan menguasai bahasa arab, Al Hadist diperlihatkan saat kursus bahasa arab angkatan II di Jakarta, Senin (2/2). (Republika/ Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Buku panduan cara cepat membaca kitab dan menguasai bahasa arab, Al Hadist diperlihatkan saat kursus bahasa arab angkatan II di Jakarta, Senin (2/2). (Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Santri pondok pesantren di Pulau Madura, Jawa Timur meluncurkan aplikasi android tata bahasa Arab, yakni nahwu dan sorrof. Aplikasi ini berguna untuk mempermudah para generasi muda mempelajari jenis ilmu pengetahuan untuk memahami bahasa itu.

"Santri yang membuat dan meluncurkan aplikasi android nahwu dan sorrof ini adalah mahasiswa teknik Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan," kata Dekan Fakultas Teknik UIM Pamekasan Hozairi kepada Antara di Pamekasan, Jumat.

Sementara ini, isi dari aplikasi andorid nahwu dan sorrof itu masih berisi enam poin pembahasan, yakni deskripsi tentang fiil atau kata kerja, ciri-cirinya, fiil menurut waktunya, serta jenis dan susunan fiil. Aplikasi yang dibuat santri mahasiswa UIM ini juga memuat fiil menurut objek, fiil menurut bentuknya serta fiil menurut susunannya.

Hozairi yang juga pembimbing aplikasi android untuk tata bahasa Arab nahwu sorrof dengan aplikasi yang diberi nama tasrefan ini menjelaskan, jenis teknologi ini di satu sisi sebenarnya merupakan upaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ke arah yang lebih bermanfaat. Dengan aplikasi ini, maka para santri dan generasi muda muslim bisa belajar ilmu nahwu dan sorrof dimanapun saja.

"Kepentingan kami kan mengarahkan bagaimana agar kemajuan di bidang informasi dan teknologi pada bidang yang positif, yakni mendukung kemajuan ilmu pengetahuan," katanya menambahkan.

Aplikasi nahwu sorrof bukanlah satu-satunya karya yang dibuat oleh mahasiswa teknik UIM Pamekasan. Sebelumnya, mahasiswa di kampus itu juga telah membuat aplikasi kamus Bahasa Madura. Namun, kata Hozairi , sebagaimana aplikasi tasref, aplikasi android untuk kamus Bahasa Madura juga masih perlu penyempurnaan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement