Selasa 08 Sep 2015 20:17 WIB

Sisir Ini tak Perlu Dibersihkan Seumur Hidup

Maze
Foto: DailyMail
Maze

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Anda sering risih dengan sisir rambut yang kotor? Kini, ada sisir ajaib yang tidak perlu diberishkan lagi. Profesor Desain di Universitas Ohio State Scott Shim menciptakan sisir rambut 'Maze' dengan desain melengkung dan menyerupai jalan labirin. Desain tersebut dibuat sengaja supaya memudahkan pengguna untuk dapat membersihkannya. Hanya memerlukan waktu beberapa detik untuk membersihkan sisir ini.

Pembuatan sisir Maze ini terinspirasi oleh Istri Shim yang tengah membersihkan alat sisir rambut milik keluarganya. Awalnya Shim hanya menganggap hal ini bisa saja. Sampai kemudian dia menemukan beberapa orang di pasar yang membuang sisir mereka karena telah banyak kotoran dan rambut yang tersumbat dan menyangkut pada sisir tersebut. Kemudian mereka membuang sisir kotor tersbut lalu membeli yang baru.

Shim berpendapat, itu mungkin karena mereka tidak dapat merawat sisirnya dengan baik. Seumur hidup, rata-rata orang menggunakan sisir sekitar 6 bulan sampai satu tahun saja. Kemudian mereka membeli yang baru karena tidak dapat dibersihkan. "Kami tidak ingin orang-orang membuang sikat rambut mereka yang sebenarnya sangat baik, hanya saja kotor sehingga perlu  dibersihkan," ujar Scott Shim, seperti dilansir dari Dailymail, Senin (7/9).

Saat ini Universitas sedang mencari mitra untuk mengkomersialkan sikat rambut "Maze" dengan harga 857 dolar AS (Rp 130 ribu). Sisir sengaja di desain dengan permukaan terbuka, di mana pengguna benar-benar dapat membersihkannya dengan mudah, baik untuk mengambil rambut yang menyangkut maupun kotoran yang menyumbat. Sisir ini mendapatkan penghargaan untuk katagori penemuan yang sustainabel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement