Senin 31 Aug 2015 18:00 WIB

Facebook M Bakal Jadi Pesaing Cortana dan Google Now?

Facebook M
Facebook M

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Facebook meluncurkan asisten virtual yang menggabungkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI) dengan tim manusia, untuk bersaing dengan layanan Siri milik Apple, Cortana dari Microsoft dan Google Now ciptaan Google.

Dinamai Facebook M, fitur itu akan hadir dalam aplikasi chat jejaring sosial ini, Facebook Messenger.

Facebook M akan berinteraksi dengan pengguna Facebook Messenger menggunakan pesan seolah-olah teman mereka.

"M adalah asisten digital dalam Messenger yang dapat membantu tugas dan menemukan informasi yang Anda inginkan. M didukung oleh kecerdasan buatan yang terlatih dan diawasi oleh manusia," kata David Marcus, Wakil Presiden Bagian Produk Pesan Facebook.

"Tidak seperti layanan berbasis AI lainnya di pasaran, M dapat benar-benar membantu Anda. M dapat membantu membeli barang, mengirimkan hadiah ke orang yang Anda cintai, memesan tempat di restoran, mengatur janji dan perjalanan Anda, dan masih banyak hal lainnya," tambah dia.

Facebook M saat ini sedang dalam uji internal dan dalam tes dengan beberapa pengguna Facebook.

Facebook sendiri belum memastikan kapan fitur ini dapat digunakan oleh lebih dari 700 juta pengguna Facebook Messenger.

Screenshot yang diposting Marcus dalam akun Facebook-nya menunjukkan sejumlah contoh permintaan bantuan, antara lain "Bisakah Anda membantu saya memesan bunga untuk ulang tahun ibu saya?" dan "Apakah ada pantai ramah anjing di dekat sini?", demikian The Guardian.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement