Rabu 26 Aug 2015 21:47 WIB

Game Ini Mudahkan Anak SD Belajar Berhitung

Tombol-tombol fitur hitungan rumus matematika dalam kalkulator sci-fi
Foto: astroengine.com
Tombol-tombol fitur hitungan rumus matematika dalam kalkulator sci-fi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Mahasiswa Program Studi Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) menciptakan aplikasi permainan cepat berhitung berbasis android. Permainan ini dibuat dengan menggunakan 'andengine' berbasis android. Proses pembuatannya dimulai dari menggambar manual di kertas untuk menentukan sebuah karakter dalam permainan, jejak ulang menggunakan 'software Adobe Flash' dan 'Adobe Photoshop', dan pada tahap ketiga dengan koding menggunakan andengine.

Sang pembuat aplikasi, Shen Mei mengatakan, permainan ini berawal dari seringnya ia menemui orang yang lamban dalam menghitung. Hal ini menginspirasinya untuk menciptakan inovasi aplikasi permainan agar memudahkan siapapun dalam menghitung dengan menggunakan permainan yang dinamakan Cepat Menghitung!

"Saya sering melihat beberapa kali orang pergi ke swalayan untuk berbelanja, namun mereka sering malas dan lamban dalam menghitung barang belanjaan mereka, akhirnya dari situ saya mendapatkan ide awalnya untuk membuat permainan cepat berhitung yang memanfaatkan kinerja otak dengan maksimal," kata dia.

Dalam permainan tersebut terdapat tokoh berkarakter anak kecil yang bernama "Nig". Nig harus menghadapi alien sebagai musuh dan memiliki tugas untuk mempertahankan "planet X92" agar tidak dikuasai alien. Untuk dapat mengalahkan alien, pemain harus menghitung soal yang muncul di layar dengan tepat dan cepat karena sangat mempengaruhi score.

Proses pengerjaan permainan cepat hitung ini memerlukan waktu satu tahun. Selama pengerjaannya kendala yang dihadapi adalah ketika pembuatan koding dan mencari tahu tentang beebrapa fitur yang tidak diketahui. Permainan cepat hitung ini bisa dinikmati untuk anak-anak SD minimal berada di kelas 3 SD. Nantinya, setelah disempurnakan permainan ini akan ada penambahan soal cerita serta kategorisasi level dalam permainan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement