Rabu 12 Aug 2015 22:56 WIB

Robot Ini Temukan Gunung di Kedalaman 2.100 Meter Bawah Laut

Robot menemukan gunung di dalam laut.
Foto: NOAA
Robot menemukan gunung di dalam laut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi robot semakin maju dan kini banyak digunakan untuk mengeksplor alam yang sulit dijangkau manusia. Penggunaan robot tak hanya digunakan untuk mengeksplorasi apa saja yang ada di luar angkasa, namun juga apa yang ada di dalam bumi dan lautan.

Baru-baru ini, sebuah robot mengeksplorasi bawah laut Samudra Pasifik. Robot ini mengeksplorasi pada kedalaman 2.100 meter. Robot ini bekerja sejak 10 Juli hingga 30 September bersama tim dari National Oceanic and Atmospheric Administraion (NOAA) engan kapal Okeanos Explorer.

Robot ini sedang memetakan perairan dalam kepulauan Hawai di Samudra Pasifik Utara. Robot menangkap rekaman yang menaksubkan. Apa yang didapatkan oleh robot ini belum pernah dilihat oleh manusia. Robot tersebut menemukan Salmon Bank, ini adalah gunung berapi bawah laut yang diperkirakan terbentuk 20 juta tahun lalu.

"Daerah ini menarik karena puncaknya datar, panjangnya mencapai 20 km ," ujar Annalee Newitz, salah seorang anggota tim tersebut kepada Gizmodo, seperti dikutip ScienceAlert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement