Rabu 12 Aug 2015 16:53 WIB

Gaya Tertawa di Media Sosial Cerminkan Usia Netizen

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Emoticon Facebook
Emoticon Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Bagi Anda pengguna sosial media, pasti akrab dengan berbagai ekspresi tertawa. Apakah anda pengguna setia LOL, haha, hehe, atau smiley-face emoji? Sebuah studi Facebook menunjukkan cara ekspresi tertawa di media sosial punya hubungan dengan usia.

Tim analis dari Facebook menganalisis data bagaimana para pengguna sosial media itu mengekresikan gaya tertawa mereka. Data yang dikumpulkan di pekan akhir Mei 2015 di 50 negara bagian AS ini berisi setidaknya satu huruf atau simbol yang merepresentasikan tertawa.

Hasilnya, para pria cenderung menggunakan 'haha' dibanding ekspresi lain, disusul emoji dan 'hehe', demikian dilansir Live Science, Selasa (11/8).

Para wanita juga sebenarnya lebih suka menggunakan 'haha', tapi mereka menggantinya dengan emoji dibandingkan mengetik langsung 'haha'. Para wanita kurang suka menggunakan 'hehe' dan sangat sedikit yang menggunakan 'LOL'.

Dari semua jenis ekspresi tertawa, 'LOL' hanya digunakan 1,9 persen dibandingkan 'haha' yang mencapai 51,4 persen, 22,7 emoji, dan 13,1 persen 'hehe'.

'Hehe', menurut para analis, mengacu pada ekspresi kekanakan. Yang menarik, median usia pengguna emoji dan 'haha' justru lebih kecil dibandingkan 'hehe' untuk rentang usia pengguna Facebook yang berkisar antara 13 tahun hingga 70 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement