Selasa 11 Aug 2015 13:46 WIB

Sundar Pichai, Pria India yang Jadi CEO Google

Sundar Pichai, CEO baru Google
Foto: Forbes
Sundar Pichai, CEO baru Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google resmi memiliki pemimpin baru. Setelah 'ditinggal' CEO Larry Page dan Sergey Brin, perusahaan Internet berbasis di California itu bakal dipimpin salah satu karyawan loyal mereka Sundar Pichai. Siapakah dia?

Sundar Pichai lahir di India pada 12 Juli 1972. Alumnus Indian Institute of Technology, Kharagpur Pichai dan Stanford University ini bergabung Google sejak 2004 sebagai manajer untuk beberapa produk seperti Google Chrome and Chrome OS. Ia juga bertanggung jawab mengawasi perkembangan Google Drive hingga aplikasi Gmail dan Google Maps.

Pada 13 Maret 2013, Pichai juga diberi tanggung jawab menangani sistem operasi Android, yang sebelumnya dikapteni Andy Rubin. Rubin sempat dipindah ke divisi lain, termasuk divisi Robotik Google, sebelum keluar pada 30 Oktober 2014 untuk mendirikan perusahaan baru.

Karier Pichai di Google memang moncer. Pada 24 Oktober 2014, pria yang dikenal ramah ini kembali naik jabatan. Ia ditunjuk CEO Google saat itu Larry Page sebagai Product Chief. Belum selang setahun Pichai kini kembali menjabat posisi prestis. Dalam usianya ke-43 ia ditunjuk sebagai CEO Google.

Penunjukan Pichai menyusul berdirinya Alphabet, perusahaan yang akan menjadi induk dari Google dan perusahaan lain. Alphabet akan dipimpin Larry Page sebagai CEO dan Sergey Brin sebagai presidennya.

"Sergey dan saya sangat senang akan kemajuan dan dedikasinya untuk perusahaan. Dan sudah sangat jelas bagi kami dan dewan direksi bahwa ini saat Sundar menjadi CEO Google," ungkap Larry Page dalam surat kepada pemegang saham Google, Senin (10/8).  

"Saya sangat beruntung bisa memiliki seseorang dengan bakat sepertinya memimpin Google yang kini lebih ramping."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement