Selasa 11 Aug 2015 11:02 WIB

Google Inc Ganti Nama Jadi Alphabet Inc

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Google
Google

REPUBLIKA.CO.ID, SILICON VALEY -- Google Inc akan menjadi sebuah perusahaan baru bernama Alphabet Inc. Selama ini Google memiliki banyak anak perusahaan seperti mesin pencari Google dan Youtube.

Menurut CEO Google Larry Page, Google memutuskan untuk membuat struktur ulang perusahaan. Keputusan ini akan memisahkan perusahaan web dengan divisi investasi dan penelitiannya.

Alphabet Inc akan memegang divisi non web dan tambahan. Dalam blognya, Page mengatakan hal tersebut akan membuat semuanya lebih bersih dan akuntabel.

"Struktur baru ini akan membuat kita fokus pada kemungkinan luar biasa yang diperoleh dari dalam Google," kata dia, dikutip Daily Mail.

Hal ini ternyata disambut baik pasar. Saham Google naik 5,8 persen setelah Page mengumumkan lahirnya Alphabet.

Dalam postingannya, Page mengumumkan ia akan menjadi CEO Alphabet, sementara rekan penggagasnya Sergey Brin akan menjadi Presiden Alphabet dan Wakil Presiden Senior Sundar Pichai akan menjadi CEO Google.

Alphabet akan menjadi bisnis utama Google, seperti maps dan Youtube, bersama dengan Fiber, Nest dan Google Ventures. "Saya sangat bersemangat menjalankan Alphabet sebagai CEO dengan bantuan rekan saya Sergey sebagai Presiden," kata Page.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement