Sabtu 08 Aug 2015 15:19 WIB

Airbus Patenkan Teknologi Jet Hipersonik Supercepat

desain pesawat Airbus yang baru saja dipatenkan.
Foto: US patent and trade office
desain pesawat Airbus yang baru saja dipatenkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Airbus, perusahaan dirgantara mutinasional baru saja mematenkan desan dan teknologi jet yang bisa terbang dari London, Inggris menuju New York di AS hanya dalam waktu satu jam saja. Bulan lalu, otoritas pemegang hak paten di AS menyetujui paten  untuk jet hipersonik tersebut,

Kecepatan Airbus yang baru saja dipatenkan ini lebih cepat empat setengah kali dibandingkan kecepatan suara. Pencaaian itu merupakan akselerasi dari pesawat Concorde, yang merupakan produk kolaborasi antara Prancis Aerospatiale dan British Aerospace. Pesawat ini sebelumnya bisa menempuh jarak London-New York dalam waktu 3,5 jam.

Dilansir dari laman ScienceAlert, jet hipersonik ini selanjutnya bisa menempuh perjalanan dari Paris menuju San Fransisco atau Tokyo ke Los Angeles dalam waktu tiga jam saja.  Dalam paten, Airbus didukung oleh tiga jenis mesin yang bekerja secara berurutan untuk bisa memperoleh kecepatan tertinggi. Pesawat ini memiliki sepasang turbojet di bagian bawah badan pesawat serta motor roket yang dipasang di bagian bekakang. Ketika Airbus mulai take off, perangkat tersebut akan naik secara vertikal.

Airbus percaya jet hipersonik bisa memiliki digunakan untuk kepentingan penerbangan sipil dan militer. Dalam penerbangan sipil, pesawat ini bisa berfungsi sebagai jet pribadi atau sebagai pesawat dengan kapasitas untuk 20 penumpang. Untuk penerbangan militer, jet bisa berfungsi sebagai transportasi hipersonik untuk pasukan komando atau sebagai pesawat pengintai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement