Senin 03 Aug 2015 16:06 WIB

Robot Pepper Bisa Disewa Jadi Asisten Kantor

Robot Pepper
Foto: telegraph.co.uk
Robot Pepper

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dipasarkan secara perdana 20 Juni lalu, robot humanoid Pepper buatan Softbank laris bak kacang goreng. Dari seribu unit disediakan seluruhnya ludes di hari pertama dijual.

Kini, sebelum menggelontorkan stok baru, Softbank memberikan penawaran sedikit berbeda. Perusahaan raksasa telekomunikasi  itu mengumumkan bakal juga menyewakan robot buatan mereka kepada para perusahaan dan kantor.

Seperti dilansir Mashable Senin (3/8), untuk layanan sewa "Pepper for Biz" tarif yang dikenakan mencapai 55 ribu yen atau sekitar enam jutaan rupiah per bulan. Namun, pelanggan minimal harus menyewa Pepper dalam jangka waktu tiga tahun. Itu artinya, biaya total untuk sekali sewa Rp 215,4 jutaan.

Pepper untuk pasar bisnis disebut sudah dibekali aplikasi bawaan yang memungkinkan penyewa langsung menggunakan jasa sang robot sebagai asisten di kantor, mulai dari resepsionis hingga costumer service.

Jika terjadi sesuatu dengan robot, pengguna bisa mengadukannya melalui layanan online atau telepon. Dukungan itu termasuk permintaan untuk memperbaiki robot. Jika diperlukan penyewa juga bisa meminta pergantian unit robot.

Sejauh ini Pepper baru tersedia untuk pasar Jepang. Pendiri Softbank, Masayoshi Son menargetkan untuk menjual robot yang bisa memahami perasaan manusia ini di luar Jepang tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement