Jumat 31 Jul 2015 13:56 WIB

Amerika Berambsi Ciptakan Supercomputer

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Dwi Murdaningsih
Obama
Foto: News
Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama meluncurkan inisiatif teknologi yang ambisius, yakni penciptaan supercomputing yang mampu mengatasi masalah paling kompleks di dunia.

Proyek tersebut disebut National Strategic Computing Initiative. Tujuan proyek tersebut adalah menciptakan computing system yang super hebat.

Supercomputer yang mampu memproses bermiliar-miliar operasi per detiknya. Sebuah sistem yang sulit dipahami namun mampu mengubah dengan cepat cara para ilmuwan memperkirakan perubahan iklim, menemukan material baru, dan mempelajari otak manusia.

"Saya kira perkembangan laptop di dunia modern saat ini bisa menjadi tahap awal dari supercomputer," kata Kepala Ilmuwan Research in Extreme Scale Technologies, Thomas Sterling seperti dilansir The Washinton Post, Kamis, (30/7).

Namun, belum jelas nantinya supercomputer ini akan berbentuk seperti apa. Sementara itu, Direktur Asosiasi Departemen Energi dan Penelitian Computing J Steve Binkley mengatakan, penemuan supercomputer membutuhkan waktu yang lama. Namun ini juga tergantung pendanaan dan tantangan teknik kedepannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement