Sabtu 11 Jul 2015 11:02 WIB

IBM Ciptakan Chip Komputer Terkuat di Dunia

Chip yang dibuat oleh IBM
Foto: Sciencealert/ Darryl Bautista IBM
Chip yang dibuat oleh IBM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- International Business Machine (IBM), perusahaan raksasa yang bergerak di bidang IT membangun chip versi baru. Mereka mengklaim chip yang dibuat ini adalah chip paling kuat yang pernah ada. Chip ini diklaim empat kali lebih kuat dibandingkan teknologi chip yang ada saat ini.

Arvind Krishna dari IBM Research mengatakan terobosan ini dibangun pada masa dekade penelitian yang mendorong industri mikroelekronika. Chip ini diklaim membuka baru bagi generasi komputer super cepat. Laman ScienceAlert mengabarkan chip ini hanya berukuran 7 nanometer. Chip dibuat menggunakan campuran silikon germanium khusus, bukan silikon murni yang umumnya menjadi bahan chip. Saat ini, transistor terkecil yang ada berukuran 14 nanometer.

Transistor yang lebih kecil ini dapat dikemas dalam satu chip sehingga bisa mendorong smartphone maupun personal computer bekerja lebih cepat. Terobosan ini dikabarkan masih jauh untuk dikonsumsi dalam, namun konsep ini dirasa sangat mungkin untuk diwujudkan.

Sayangnya, konsep ini masih ada di dalam skala penelitian dan laboratorium. IBM masih mendapatkan tantangan  untuk merealisasikan konsep ini dalam proses manufaktur skala massal. IBM juga ditantang untuk mengganti silikon dengan perpaduan antara silikon dan germanium. Teknik produksi chip ini dinilai sangat rumit. Tapi usaha akan sebanding dengan hasil. Teknologi yang rumit ini diprediksi bisa menghasilkan chip komputer yang lebih kuat, kecil dan hemat energi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement