Sabtu 04 Jul 2015 08:22 WIB

Penggunaan Paket Data Meningkat 2 Kali Lipat Saat Lebaran

Rep: Marniati/ Red: Dwi Murdaningsih
Internet of Things
Internet of Things

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan pada saat hari raya Idul Fitri nanti, traffic penggunaan paket internet akan meningkat. Peningkatan diperkirakan mencapai 100 persen.

"Yang tumbuh tinggi itu yang data. Trafiknya diperkirakan meningkat. Jadi yang paling meningkat data karena menggunakan media sosial, messenger menggunakan sistem berbasis data," ujar Rudi Antara Saat ditemui dalam acara Telkomsel Berbagai di Jakarta, Jumat (3/7).

Ia menjelaskan, untuk mendukung aktivitas peningkatan penggunaan paket data pada hari lebaran, pekan depan Kominfo akan meluncurkan sinyal 4G 1800 MhZ untuk Indonesia bagian Timur.

Adapun untuk penggunaan SMS dan telpon diperkirakan tidak akan sebanyak penggunaan paket data. Penggunaan sms dan telpon hanya akan bertambah pada saat hari H saja. Walaupun tidak mengalami peningkatan, pemerintah tetap meminta para operator telepon seluler untuk menambah kapasitas SMS pada saat hari lebaran nanti.

Ia mengatakan, pihak operator telpon seluler sudah melakukan drive test akhir Juni lalu di seluruh jalur tol dan kereta api di Jawa , Lampung hingga Makassar. Dirive test tidak hanya dilakukan di jalan yang dilalui saja tetapi juga di pelabuhan, bandara, stasiun dan terminal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement