Kamis 02 Jul 2015 06:38 WIB

Antisipasi Lonjakan Trafik Telkomsel Bangun BTS Temporer di Lombok

Rep: ahmad baraas/ Red: Taufik Rachman
 Seorang petugas melakukan pengecekan rutin perangkat menara BTS Telkomsel (ilustrasi).
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Seorang petugas melakukan pengecekan rutin perangkat menara BTS Telkomsel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM - Untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pengguna Telkomsel, perusahaan seluler itu akan membangun BTS sementara di sejumlah tempat di Pulau Lombok. Lokasi penempatan BTS temporer itu  itu antara lain di Pelabuhan Lembar, Bandara Internasional Lombok dan Terminal Mandalika.

"Itu kan tempat-tempat yang akan padat oleh para pemudik. Begitu musim lebaran berakhir, BTS dilepas lagi," kata GM ICT Telkomsel Bali-Nusra, Danny Agus Triawan.

Hal itu dikemukakan Danny di Mataram, Rabu (1/7) malam, pada acara berbuka puasa bersama wartawan setempat. Sebelumnya dilakukan acara drive test atau uji sinyal di sekitar dalam kota Mataram.

Menurut Danny, dari pengalaman selama musim lebaran tahun-tahun sebelumnya, pengguna Telkomsel di ketiga tempat itu akan semakin meningkat. Mereka adalah para pemudik yang menuju Pulau Jawa, baik melalui pesawat udara atau pun melalui jalur darat dengan bus. "Dari Lembar menyeberang Padangbai dan meeka hanya numpang lewat saja di Bali, untuk kemudian menuju Pulau Jawa," kata Danny.

Sebelumnya, terkait pertumbuhan penggunaan layanan data Telkomsel di Pulau Lombok, disebutkannya meningkat sebesar 332 persen selama enam bulan terakhir. Sedangkan untuk pengguna layanan percakapan, meningkat sebesar 90 persen.

Peningkatan penggunaan layanan data, disebabkan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Lombok, yang mulai akrab dengan gadget smartphone untuk browsing interet.  Sedangkan peningkatan penggunanan layanan voice disebabkan oleh meningkatnya percakapan ke luar negeri.

"Kami punya paket bicara sangat murah di Lombok, untuk bicara ke Saudi Arabia dan Malaysia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement