Kamis 25 Jun 2015 21:54 WIB

Amazon-eBay Kesulitan Hapus Penjualan Memorabilia Nazi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad
amazon
amazon

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Amazon.com Inc dan eBay Inc menurunkan jumlah produk bendera sekutu yang ditawarkan di situs mereka sehari setelah berjanji akan menghilangkan produk-produk  tersebut. Namun rupanya baik Amazon maupun eBay mengalami kesulitan menghapus produk memorabilia era Nazi yang ditawarkan di situs mereka.

Baik Amazon maupun eBay melarang penjualan produk yang mempromosikan kebencian, kekerasan, rasisme, diskriminasi gender, maupun intoleransi agama. Produk-produk semacam itu tidak boleh ditawarkan di situs mereka karena mengandung pemikiran yang berbahaya.

Seorang analis mengatakan, sangat sulit untuk menerapkan larangan penuh terhadap penjualan produk-produk yang kontroversial. Hal ini disebabkan adanya kesulitan dalam bidang teknologi untuk menarik produk-produk terlarang yang ada di situs.

Ahli Hukum Internet dari Universitas Arizona Profesor Derek Bambauer mengatakan, eBay harus menyelesaikan berbagai masalah yang ada di dalam situs jualannya. "Masalah yang harus diselesaikan di situs eBay, dari penjualan memorabilia Nazi sampai sampai penjualan perhiasan palsu," katanya seperti dilansir Reuters, Rabu, (24/6).

Hal tersulit untuk menemukan produk yang dilarang untuk dijual, ujar Bambauer, adalah mencari kata kunci untuk produk yang dimaksud dengan tepat. Selain itu juga mengidentifikasi siapa penjualnya, itu yang menjadi tantangan eBay. Di Amazon terdapat 30 ribu item yang ditawarkan saat mencari produk dengan kata kunci bendera sekutu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement