Sabtu 20 Jun 2015 19:44 WIB

Waw, iPlayer Bisa Dikontrol dengan Kekuatan Pikiran

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ilham
BBC iPlayer
Foto: BBC Online
BBC iPlayer

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Teknologi yang dikembangkan oleh BBC saat ini mampu mengganti saluran di iPlayer hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran. Prototipe teknologi ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang otak.

Caranya dilakukan dengan meletakkan sensor pada dahi dan telinga pengguna iPlayer. Sensor yang dipasang pada dahi dan telinga akan mendeteksi listrik yang timbul karena gelombang otak saat menonton layar dengan penuh konsentrasi. Konsentrasi yang penuh mampu mengubah saluran pada layar sesuai keinginan pengguna.

Head of BBC Business Development Cyrus, Saihad mengatakan, pengembangan teknologi ini baru eksperimen. "Namun ini membantu kita untuk memahami di masa depan, mungkin kita bisa mengontrol berbagai peralatan hanya dengan menggunakan gelombang otak," katanya seperti dilansir The Independent, Kamis, (18/6).

Teknologi yang dikembangkan BBC ini bisa melahirkan iPlayer jenis baru yang memudahkan penggunanya mengganti saluran untuk ditonton tanpa menggunakan bantuan tangan. iPlayer jenis ini sangat membantu difabel dalam menggunakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement