Jumat 19 Jun 2015 13:47 WIB

Orang Ini Klaim Bisa Dengarkan Suara Gelombang WiFi

Visualisasi suara gelombang wifi.
Foto: stefanie Posavevec/science alert
Visualisasi suara gelombang wifi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pernahkan Anda membayangkan seperti apa suara wiFi? Frank Swain adalah orang pertama yang mengklaim bisa mendengarkan suara sinyal wifi dimanapun ia pergi. Suara wifi ini bisa terdengar berkat sepasang alat bantu pendengaran yang dia kenakan.

Frank Swain, pria asal Inggris ini telah kehilangan pendengarannya sejak usaianya masih 20 tahunan. Dua tahun lalu, sejak alat bantu pendengaran pertama kali dipasang, ia bereksperimen dengan segala macam teknologi baru yang mungkin menjadi batas bagi pendengaran manusia. Pekan lalu, dia mengklaim menjadi orang pertama yang bisa mendengarkan sinyal WiFi.

Bekerja sama dengan Daniel Jones, yang berprofesi sebagai seniman yang mengutak-atik suara, Swain meretas alat bantu pendnegarannya untuk menciptakan sebuah perangkat iPhone yang memungkinkan gelombang WiFi bisa terdengar oleh manusia. Perangkat ini disebut Phantom Terrains. Perangkat ini bekerja dengan tuning dasar yang mengikuti aktivitas WiFi. Perangkat ini bekerja dengan pengaruh kekuatan sinyal, tingkat enkripsi serta jarak antara alat pendengaran dengan perangkat.

"Kekuatan sinyal, arah, dan sistem keamanan wifi diterjemahkan dalam audio," ujar Swain seperti ditulis dalam jurnal New Scientist seperti dikutip Sciencealert.

Dengan perangkat ini, Swain bisa mengumpulkan informasi yang lengkap tentang tren WiFi di wilayah-wilayah tertentu. Misalnya, Swain menemukan bahwa WiFi di daerah pemukiman cenderung dikendalikan oleh reuter dengan sistem keamanan yang rendah. Namun, ketika dia pergi ke kawasan komersial, dia akan menemukan reuter dengan sistem kemanan yang lebih bagus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement