Kamis 11 Jun 2015 13:55 WIB

YouTube Kini Dukung Video 8K

Youtube
Foto: AP
Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menambahkan dukungan untuk resolusi 5K, YouTube saat ini menawarkan video dengan resolusi 8K, yakni 7680x4320 piksel pada 30fps.

Saat ini hanya ada satu video yang mendukung resolusi tersebut, itupun menggunakan dua RED Epic Dragon 6K yang kemudian "dijahit" bersama di dalam Adobe After Effects untuk membentuk video akhir yang memiliki resolusi 8K.

Beberapa adegan yang diambil dalam resolusi 6K juga biasanya di-upscaled dan dipertajam untuk resolusi yang lebih tinggi.

Bermain video dengan resolusi 8K akan membutuhkan banyak tenaga di komputer. Bahkan dengan Core i5-3570 dan NVIDIA GTX 560 Ti video tersebut dinilai cukup sulit untuk diputar di Chrome.

Saat ini, hanya ada segelintir kamera yang dapat merekam dalam resolusi 8K, diantaranya RED Weapon Dragon.

Bahkan, untuk saat ini kamera tersebut hanya dapat merekam video beresolusi 6K, kemudian meng-upgrade-nya dengan resolusi 8K.

Sebagian orang menilai hal itu sia-sia karena masih sedikit orang yang memiliki layar beresolusi 4K, ditambah lagi belum tersedianya monitor atau TV beresolusi 8K, demikian seperti dilansir dari laman GSM Arena.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement