Ahad 07 Jun 2015 11:33 WIB

Telkomsel Optimistis Akhir Tahun Pengguna 4G LTE 1,2 Juta

Senior Vice President LTE Project Telkomsel, Hendri Mulya Syam
Senior Vice President LTE Project Telkomsel, Hendri Mulya Syam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel optimistis layanan 4G LTE yang dirilis sejak akhir tahun lalu mendapat respon positif kalangan pelangannya. Hingga Juni, pelanggan Telkomsel 4G LTE di lima kota diperkirakan mencapai 500 ribu.

''Respon pelanggan sangat bagus. Saat ini sudah 500 ribu pelanggan, akhir tahun ini kami optimistis pelanggan bisa mencapai 1,2 juta,'' kata Senior Vice President LTE Project, Hendri Mulya Syam, di Denpasar Sabtu(7/6).

HMS--demikian dia dipanggil, menyebut ada sejumlah faktor yang ikut mendorong pertumbuhan pengguna 4G, diantaranya varian ponsel yang semakin banyak dengan harga terjangkau. Selanjutnya, frekuensi 1800 Mhz yang juga akan digunakan untuk mendukung layanan 4G.

Saat ini Telkomsel masih menggunakan frekuensi 900 Mhz untuk mendukung layanan 4G. Telkomsel juga tengah melakukan ujicoba di frekuensi 1800 Mhz. Kabarnya, 4G di frekuensi 1800 Mhz lebih nyaman ketimbang 900 Mhz.

Faktor lain adalah perluasan layanan 4G LTE. Saat ini layanan 4G LTE baru menjangkau lima kota yakni Jakarta, Bandung, Bali, Medan dan Surabaya. Dalam waktu dekat ada penambahan dua kota lagi yakni Manado dan Makassar.

HMS mengakui bahwa perluasan layanan ikut mendorong pertumbuhan layanan 4G LTE. ''Semofga segera dirilis layanan 4G LTE di Manado dan Makassar. Kita belum tahju mana dulu yang akan menikmati 4G LTE, apakah Makassar atau Manado, atau keduanya bersama-sama,'' ujar HMS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement