Sabtu 06 Jun 2015 13:12 WIB

Trafik Komunikasi Lebaran Telkomsel Diprediksi Naik 25 Persen

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Andriansyah bersama Direktur Network Sukardi Silalahi menyaksikan kondisi jaringan di Pulau Jawa
Direktur Utama Telkomsel, Ririek Andriansyah bersama Direktur Network Sukardi Silalahi menyaksikan kondisi jaringan di Pulau Jawa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel melakukan peningkatan kapasitas elemen jaringan, sebagai antisipasi kenaikan  trafik komunikasi Telkomsel selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Trafik komunikasi Telkomsel diprediksi mengalami kenaikan hingga 25 persen.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengemukakan di Denpasar hari ini bahwa Telkomsel mampu mengandle kenaikan trafik dimaksud. Ia memastikan bahwa tingkat penggunaan atau utilitas jaringan Telkomsel masih jauh dibawah kapasitasnya.

''Tingkat utilisasi jaringan sekitar 40-50 persen, ada kelonggaran yang sangat besar untuk menghandle kenaikan trafik komunikasi, '' papar Ririek yang didampingi Direktur Network Operation, Sukardi Silalahi dan EVP Jawa Bali Nusra, Yetty Kusumawati.

Menurut Ririek, lonjakan trafik diprediksi akan terjadi pada layanan SMS 10-20 persen atau mencapai 1,15 ,miliar SMS. Kenaikan juga akan terjadi pada layanan data sekitar 20-25 persen menjadi 1,6 juta guga byte.

Mengantisipasi kenaikan trafik diantisipasi dengan visitor location register (VLR) atau kecukupan daya tampung pelanggan. Ini dilakukan di jalur utama mudik di Sumatera dan Jawa dan Bali, dengan kelonggaran kapasitas antara 40-60 persen. Di Sumatera Selatan kelonggaran kapasitas mencapai 60 persen, Jawa Barat 46 persen, Jawa Tengah 45 persen, Jawa Timur 43 persen dan Bali56 persen.

Ririek menambahkan bahwa Telkomsel juga telah mengantisipasi kawasan yang banyak dikunjungi orang atau point of interest, sehingga terjadi lonjakan komunikasi. Diperkirakan ada 781 POI pada ramadhan dan lebaran tahun itu.

Di masing-masing POI telah ditingkatkan kapasitas jaringannya.Selain meningkatkan kapasitas jaringan akan disiagakan pula 62 unit compact mobile base station (Combat). ''Kami siap menghadapi lonjakan trafik ramadhan dan lebaran, serta memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,'' kata Ririek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement