Jumat 05 Jun 2015 15:42 WIB

Telkomsel Luncurkan Banyuwangi in Your Hand

Peluncuran aplikasi Banyuwangi on your hand
Peluncuran aplikasi Banyuwangi on your hand

REPUBLIKA.CO.ID,BANYUWANGI--Telkomsel meluncurkan aplikasi Banyuwangi in your hand, suatu aplikasi augmented reality yang akan memberikan digital experience kepada pelanggannya.

Pengguna aplikasi ini akan mendapatkan berbagai informasi mengenai objek wisata maupun industri kreatif di Banyuwangi dalam format digital, cukup dengan melakukan scan atau search melalui direktori aplikasi.

Misalnya pengguna cukup menscan suatu kartu pos yang telah memiliki semacam CR code. Dari scan itu akan muncul aneka informasi mengenai gambar kartu pos, termasuk video. Bila kartu pos menampilkan salah satu objek wisata, akan muncul informasi mengenai objek wisata tersebut.

Peluncuran Banyuwangi in your hand dilakukan oleh Bupati Banyuwangi, Azwar Anas bersama dengan Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi di Banyuwangi, Jumat (5/6).

" Ketersediaan aplikasi mobile dengan konten lokal adalah salah satu faktor pendukung penerapan kota cerdas (smart city),'' kata Sukardi. Ia menambahkan bahwa aplikasi tersebut akan membantu pemerintah kabupaten  Banyuwangi yang tengah mengembangkan kota cerdas dengan konsep smart kampung,'' kata Silalahi.

Selain aplikasi Banyuwangi in Your Hand, Telkomsel juga memperkenalkan prograam integrateed digital school (IDS). IDS sendiri merupakan aplikasi digitaal terintegrasi bagi sekolah yang menampung informasi dan mengkomunikasikan seluruh program dan seluruh aktivitas sekolah.

Misalnya saja soal absensi siswa. Sistem absensi akan menggunakan face recognition dan RFID (radio frekuency identificaation), pengaksesan data dan program sekolah serta kegiatan intra maaupun ekstra kurikuler, juga perpustakaan dengan berbagai buku elektronik. Di Banyuwangi IDS dikembangkan di SMAN 1 Giri dan akan diperluas di sekolah lain.

Program IDS telah dikembangkan Telkomsel sejak thun 2012. Program CSR ini telah diterapkan di 87 sekolah di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement