Kamis 04 Jun 2015 19:00 WIB

Ahok Andalkan Aplikasi Ragunan Zoo

Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat (paling kiri) saat serah terima aplikasi Ragunan Zoo kepada drh. Bambang Triana, Kepala Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (paling kanan)
Foto: indosat
Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat (paling kiri) saat serah terima aplikasi Ragunan Zoo kepada drh. Bambang Triana, Kepala Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (paling kanan)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengandalkan aplikasi mobile edutainment Taman Margasatwa Ragunan (TMR) berbasis Android atau Ragunan Zoo sebagai bagian dari sistem smart city.

"Di aplikasi itu, nanti kamu bisa cek ada binatang apa aja, seperti aplikasi di handphone. Ini juga bisa semakin mempermudah masyarakat yang ingin mengunjungi Kebun Binatang Ragunan," jelas Ahok, panggilan Basuki, Kamis (4/6).

Menggandeng provider Indosat, Ahok mengaku sangat terbantu. Lantaran aplikasi ini bisa terintegrasi dengan smart city yang telah diprogramkan Pemprov DKI.

"Saya harap bisa saling melengkapi ya," jelasnya.

 

Menurutnya, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi tentang binatang, info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang.

 

President Director dan CEO Indosat Alexander Rusli menyatakan aplikasi ini merupakan bentuk dukungan Indosat untuk memberikan fasilitas edutainment secara digital dalam mempelajari ragam fauna.

"Aplikasi ini juga kami tujukan untuk mendukung program Pemprov DKI Jakarta dalam menciptakan Jakarta sebagai Kota Cerdas atau Smart City di Indonesia, dengan mengoptimalkan peran teknologi informasi dan komunikasi sebagai enabler," ujar Alex lagi.

 

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), Indosat menyerahkan aplikasi tersebut kepada Taman Margasatwa Ragunan Jakarta.

Peluncuran sekaligus serah terima dilakukan oleh Alexander Rusli kepada Kepala Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Bambang Triana di Taman Margasatwa Ragunan.

 

Para pengunjung dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator manapun melalui smartphone berbasis Android. Aplikasi Ragunan Zoo dapat diunduh melalui toko aplikasi Google Play Store secara gratis.

Aplikasi ini menyediakan fasilitas dwi-bahasa (Inggris dan Indonesia) sehingga wisatawan mancanegara juga dapat menggunakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement