Kamis 28 May 2015 11:46 WIB

Genjot Layanan Data XL Dorong Pelanggan Beralih ke Smartphone

Xiaomi Redmi 2
Xiaomi Redmi 2

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA-- Meningkatkan penetrasi penggunaan smartphone menjadi salah program yang akan dikembangkan XL Axiata East Region. Langkah ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan penggunaan data di kalangan pelanggan.

''Kontribusi voice masih cukup tinggi sekitar 50 persen, SMS 22 persen dan data 28 persen,'' kata VP Sales East Region XL, Desi Sari Dewi di Surabaya, di sela uji kesiapan jaringan dan pelayanan menghadapi Ramadhan dan Lebaran, Kamis (28/7). Diakui bahwa penggunaan data akan mengalami peningkatan, oleh karena itulah penetrasi penggunaan smartphone terus ditingkatkan

Masih dominannya layanan suara atau voice tercermin dari jenis layanan yang digunakan pelanggan. Menurut Desa, sekitar 65 persen pelanggan menggunakan layanan 3G, sebanyak 34 persen menggunakan layanan 3G, dan sekitar 1 persen yang menggunakan layanan 4G.

Di wilayah ini XL memiliki sekitar 11 ribu BTS, terdiri dari 7500 BTS 2G, 3500 BTS 3G dan 35 BTS 4G. 'Jumlah BTS akan terus ditambah seiring dengan peningkatan kualitas layanan pelanggan. Penambahan termasuk BTS 4G,'' papar Desi.

Untuk 4G sendiri, XL telah menyediakan layanan komersial di Bali, sementara di Surabaya tengah dilakukan trial untuk 4G. Layanan 4G akan diperluas di wilayah Lombok, karena masyarakat setempat membutuhkan layanan 4G.

Oleh karena itu, penetrasi smartphone menjadi salah satu yang akan dikembangkan di wilayah ini.Salah satunya dengan menyediakan smartphone dengan harga terjangkau, termasuk diantaranya ponsel LTE 4G. Desi menunjuk Xiaomi Redmi 2 yang telah dibekali dengan LTE. ''Peminatnya besar, mereka harus inden untuk mendapatkan ponsel ini,'' katanya memberi contoh.

Bila semakin banyak pelanggan menggunakan smartphone, akan semakin tinggi penggunaan data. Di wilayah Jatim, pelanggan XL diperkirakan 6,7 juta, sementara wilayah Bali Nusra tercatat sekitar 3,4 juta pelanggan.

Ihwal pertumbuhan jumlah pelanggan, Desi mengungkapkan bahwa masih terbuka peluang ada penambahan pelanggan baru. Di wilayah Jatim, Bali dan Nusra, XL menguasai pasar mayoritas di sejumlah kota seperti Madura dan Lombok.

Memanfaatkan momentum lebaran XL akan mengandeng prinsipal ponsel untuk mendorong pertumbuhan pelanggan. ''Kami akan memanfaatkan paket bundling HP dengan perdana XL,'' papar Desi. Program ini akan dikembangkan di kawasan tapal kuda, Kediri dan Blitar.

Di sisi lain, pihaknya juga akan memberikan kartu perdana gratis pada pembelian tiket masuk di kawasan wisata. Ia berharap program ini mampu meningkatkan jumlah pelanggan XL.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement