Sabtu 16 May 2015 11:19 WIB

Font Tulisan Tangan Einstein Bakal Muncul di Smartphone

Arsip tulisan tangan Albert Einstein
Foto: Sciencealert / Herald Geisler
Arsip tulisan tangan Albert Einstein

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna komputer nantinya bisa meniru tulisan tangan Albert Einstein. Ya, kita mungkin tidak memiliki kecerdasan seperti Einstein, atau semangat belajar Fisika seperti Einstein, tapi berkat font baru yang diciptakan ini, setidaknya kita bisa sedikit meniru ahli Fisika penemu teori relativitas tersebut.

Adalah Harald Geisler, seorang typografer yang menciptakan font ini. Font baru ini diciptakan setelah enam bulan menganalisis ribuan naskah kuno serta dokumen-dokumen yang pernah dibuat oleh Einstein. Geisler mulai menganalisis bentuk dan ukuran tulisan tangan Einstein.

Font ini rencananya akan tersedia pada PC, Mac, Linux, rablet dan smartphone pada awal tahun 2016. Artinya, tahun depan pengguna komputer bisa menulis sebagaimana Einstein menulis. Laman Sciencealert menulis, bagian paling keren dari font ini adalah teknologi yang bisa membuatnya benar-benar terlihat seperti tulisan tangan alias bukan seperti mesin ketik.

Untuk melakukan ini, Geisler menciptakan empat versi untuk masing-masing huruf alfabet. Dia menyebut istilah ini sebagai 'substitusi polyalfabetik'. "Istilah ini dipinjam dari kriptologi karena alogaritma dalam font ini terinspirasi oleh mesin enkripsi Enigma," ujar dia.

Geisler sangat tertarik untuk memasukkan simbol Matematika sebagai bagian dari font. Dia membayangkan seseorang yang menggunakan tulisan ini akan mencapat sedikit percikan dari kejeniusan Einstein. Font Einstein ini akan dirilis bertepatan dengan peringatan 100 tahun presentasi Eintein yang berkaitan dengan teori relativitas Einstein.

Bagaimana? Ingin terlihat lebih pintar, mari kita tunggu font ini muncul di perangkat komputer kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement