REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Tencent Holdings Ltd mengandalkan aplikasi WeChat dalam memenangkan persaingan di dunia hiburan online. Aplikasi populer WeChat mampu menghubungkan 500 juta pengguna aktif ke berbagai saluran hiburan. Bahkan Tencent rela mengeluarkan banyak uang untuk menghibur para pengguna aplikasi WeChat agar mudah mendapatkan layanan hiburan di media online.
Tencent yang kantor utamanya di Shenzen menghabiskan miliaran dolar AS akhir-akhir tahun ini untuk membangun kontennya. Bulan lalu Tencent menambahkan hak siar Twenty-First Century Fox, FOX Sports, dan National Geographic Channel. Selain itu mereka juga menyiarkan Sony Music Entertainment, Warner Music Group, HBO, dan U.S. National Basketball Association.
"Kami membayar secara agresif untuk membeli sejumlah saluran hiburan populer. Saluran hiburan itu sangat terkenal dan punya brand yang kuat," kata Chief Strategy Officer Tencent James Mitchell seperti dilansir Reuters, Selasa, (12/5).
Dibangun 17 tahun lalu oleh CEO Tencent Pony Ma, Tencent sebenarnya sudah mengoperasikan bisnis game online. Bahkan Tencent bersaing dengan games milik Sony, Microsoft Corp dan Nintendo Co. Tencent juga memiliki saluran musik terbesar Cina dan mengoperasikan beberapa video internet paling populer.