Sabtu 09 May 2015 16:19 WIB

Seperti Apa Wujud Guntur?

visualisasi guntur
Foto: University of Florida, Florida Institute of Technology, Southwes
visualisasi guntur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras disertai petir dan guntur mungkin sudah biasa anda alami. Tapi, pernahkan anda membayangkan seperti apa visualisasi dari guntur? Guntur yang biasanya hanya kita terdengar suara menggelegar akhirnya bisa divisualisasikan oleh ilmuwan.

Dikutip dari alman ScienceAlert, ilmuwan akhirnya bisa memotret gambar guntur. Ilmuwan yang bekerja di Southwest Research Insitute di AS telah menangkap gambar guntur secara rinci. Gambar tersebut dibuat menggunakan peta gelombang akustik yang diperoleh dari rekaman beberapa mikrofon.

Peneliti meletakkan mikrofon untuk merekam suara guntur tersebut. Karena gelombang suara yang berasal dari ketinggian membutuhkan waktu lebih lama atau jeda untuk merambat ke mikrofon, hasil rekaman ini memungkinkan ilmuwan untuk mengubah visualisasi selama terjadi gemuruh.

Untuk diketahui, petir atau kilatan cahaya terbentuk cari muatan listrik yang bergerak di dalam awan, atau antar awan dengan permukaan bumi. Pergerakan elektron ini memungkinkan terjadinya gesekan sehingga menghasilkan energi yang sangat besar.

Energi yang sangat besar ini dikenal sebagai guntur. Peneliti juga menemukan bahwa guntur akan mengeluarkan bunyi yang lebih keras ketika semakin banyak arus yang mengalir melalui petir atau pergerakan listrik pada awan. Temuan ini diprediksi bisa membantu ilmuwan untuk memanfaatkan energi petir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement