Ahad 03 May 2015 18:07 WIB

Kabel Optik Terputus, Jaringan Data Telkomsel Papua Terganggu

Jaringan 4G LTE Telkomsel menjangkau seluruh kota Bandung
Jaringan 4G LTE Telkomsel menjangkau seluruh kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Manajemen PT Telekomunikasi Papua merampungkan proses perbaikan jaringan kabel optik yang terputus di perairan Jayapura-Sorong, sejak dua pekan lalu."Sekarang trafic sudah dialihkan ke jalur kabel laut, bisa dikatakan perbaikan sudah selesai mulai kemarin (2/5)," ungkap General Manager Wilayah Telekomunikasi Telkom Papua Agus Yuda di Jayapura, ahad (3/5).

Ia mengatakan, untuk pengalihan jaringan sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak beberapaa hari yang lalu, namun karena masih ada pekerjaan yang perlu diselesaikan dan masih terkait dengan proses perbaikan tersebut, maka pihaknya belum bisa menyatakan jika proses perbaikan sudah selesai sepenuhnya.

"Malam sabtu sudah dialihkan tapi pekerjaan belum final karena ada kerjaan tambahan di Sorong tapi tidak mengganggu trafic," ujarnya.

Dengan telah dikembalikannya penggunaan jaringan melalui kabel optik wilayah Sulawesi, Maluku, Papua Cable System (SMPCS), maka satelit dikembalikan menjadi sistem cadangan."Satelit tetap menjadi back up kalau sewaktu-waktu kabel optik kita ada gangguan lagi," ujarnya.

Sebelumnya, SMPCS Telkom terputus pada 20 April 2015 dikedalaaman 1.175 meter di perairan Jayapura-Sorong.Akibatnya jaringan data Telkomsel untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya tidak bisa diakses selama beberapa saat.Untuk memperbaiki kerusakan tersebut, PT Telkom mendatangkan Kapal Fu Hai, Jepang, yang kebetulan sedang berada ddi wilayah perairan Merauke untuk membuat jaringan SMPCS ke Kabupetan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement