Sabtu 02 May 2015 10:11 WIB

Google Ikut Rayakan Hari Pendidikan Nasional

Google Indonesia ikut rayakan hari pendidikan nasional
Foto: Republika/dwi
Google Indonesia ikut rayakan hari pendidikan nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Indonesia ikut meramaikan hari pendidikan nasional. Di halaman muka Google.co.id maka pengguna komputer akan disuguhi ilustrasi Ki Hajar Dewantara sedang membawa buku.

Hari pendidikan nasional diperingati di Indonesia setiap tanggal 2 Mei. Tanggal ini diperingati pertepatan dengan hari lahir Ki Hadjar Dewantara, 126 tahun lalu.

Ki Hadjar Dewantara yang memiliki nama asli Raden Mas Soewadi Soerjaningrat merupakan aktivis pendidikan di masa penjajahan Belanda. Dia mendirikan sekolah Taman Siswa di Yogyakarta. Atas dedikasinya di bidang pendidikan, hari lahir Ki Hadjar diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Wajah Ki Hadjar juga pernah muncul dalam simbol uang Rp 20.000.

Dia mengajarkan tiga prinsip dalam pendidikan yakni Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani yang artinya di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan. Hingga saat ini, tut wuri handayani digunakan sebagai motto dalam logo kementrian pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement