Kamis 16 Apr 2015 17:08 WIB

UC Browser Paling Populer di Pengguna Android Indonesia

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Dwi Murdaningsih
UC Browser
Foto: Republika/Dwi
UC Browser

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- UC Browser jadi browser yang paling populer bagi pengguna ponsel di Indonesia. Berdasarkan data dari StatCounter, UC Browser berhasil merebut 28,51 persen pangsa pasar Indonesia hingga bulan Maret 2015.

Pengguna terbesar diakui datang dari perangkat Android. Dengan persentase hingga 85 persen. Di Google Play Store sendiri, UC Browser menempati posisi kedua aplikasi terpopuler.

Kiprah browser buatan Cina di Indonesia ini dimulai sejak tahun 2012 yang melokalisasi UC Browser ke bahasa Indonesia. Sejak saat itu, pengguna UC Browser terus meningkat. Dalam setahun, UC Browser menjadi satu dari day browser yang mengalami pertumbuhan pesat.

Upaya lokalisasi ini dikatakan Head of UCWeb Indonesia, Jonathan Zhong, akan terus ditingkatkan. Pembentukan tim lokal menjadi agenda pentingnya.

"Terlepas dari itu, kami pun sedang mencari lebih banyak lagi penyedia konten dan layanan lokal yang dapat bekerja sama dengan kami, sehingga kami bisa menumbuhkan ekosistem yang menguntungkan semua orang, lebih banyak pilihan bagi pengguna dan lebih banyak mobile traffic bagi mitra kami," kata Zhong.

Zhong menambahkan, upaya meningkatkan kepopuleran UC Browser juga dengan memanfaatkan momentum meningkatnya pengguna smartphone. Lembaga riset IDC melihat pertumbuhan pengguna smartphone diperkirakan meningkat hingga 20 persen tahun ini.

Melihat peluang ini, UC Browser menghadirkan beragam fitur seperti Smart Downloader, Video Player, dan Gesture support yang semuanya ditujukan untuk memanfaatkan kecanggihan smartphone dan membuat pengalaman mobile browsing semakin mudah dan tangkas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement