REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelaku asuransi nasional, PT Malacca Trust Wuwungan Insurance mempermudah pengurusan klaim masyarakat dengan mengenalkan aplikasi via telepon seluler. Presiden Direktur Malacca Trust Insurance, Vientje Harijanto, menyatakan aplikasi tersebut memungkinkan nasabah mengajukan klaim sangat mudah dan cepat.
Saat terjadi klaim akibat kecelakaan nasabah cukup mengirimkan foto bagian mobil atau sepeda motor yang tertabrak melalui aplikasi itu. "Kemudian, pihak Malacca Call Center Officer akan menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memproses lebih lanjut klaim tersebut," katanya.
aplikasi itu dapat diunduh gratis melalui Google Play Store dan IOS App Store. Dengan aplikasi tersebut nasabah tidak perlu takut kendaraannya tidak terlindungi pada tahun selanjutnya karena lupa pembayaran polis. Aplikasi itu juga mampu mengingatkan jika polis nasabah akan jatuh tempo. Manfaat lainnya, bisa untuk melihat layanan mobil derek, layanan ambulans, pemadam kebakaran, dan mencari perwakilan kantor Malacca Trust Insurance terdekat.
"Kamipun menyiapkan aplikasi ini untuk berbagai aktivitas yang berkaitan dengan asuransi kendaraan bermotor. Mulai dari pembelian polis, pengiriman form polis, dan pembayaran polis," katanya.
Senior Advisor Malacca Trust Insurance, Iwan Semiawan, mengemukakan, inovasi teknologi melalui aplikasi itu tidak hanya ditujukan bagi mobil baru. Akan tetapi berlaku bagi pemilik mobil bekas dan hal itu bisa diakses dengan langkah serupa. "Bahkan, nasabah juga bisa memilih perlindungan tambahan yang diinginkan. Seperti jaminan tanggung jawab pihak ketiga, kecelakaan diri, huru-hara, kerusuhan, terorisme dan sabotase, banjir dan angin topan, mobil pengganti, bengkel resmi, dan pencurian oleh sopir pribadi," katanya.