Ahad 15 Mar 2015 19:23 WIB

Bandung Bakal Menjadi Model Smart City di Indonesia

Peluncuran kartu perdana 4G LTE Telkomsel edisi konferensi Asia Afrika
Peluncuran kartu perdana 4G LTE Telkomsel edisi konferensi Asia Afrika

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Bandung bakal menjadi model pengembangan konsep smart city untuk PT Telkom Indonesia. Smart city yang dikembangkan di Bandung bakal menjadi semacam role model bagi kota-kota lain di Indonesia.

''Kami sedang siapkan Bandung sebagai model smart city di Indonesia. Selanjutnya pengembangan smart city di kota-kota lain merupakan replika dari konsep yang telah diimplementasikan di Bandung,'' Kata Direktur Telkom, Indra Utoyo di Bandung, Ahad (15/3).

Ide mengenai pengembangan Bandung smart city sebagai role model, disebut Utoyo tengah dibahas secara internal di Telkom. Ia menyebut jajaran direksi Telkom telah membahas kemungkinan itu.

Telkom sendiri dikenal sebagai perintis pengembangan smart city di Indonesia. Sejumlah kota di Indonesia, termasuk Bandung, mengembangkan smart city dengan dukungan infratruktur dari Telkom.

Ihwal pilihan Bandung sebagai role model, Indra menyebutkan bahwa dari sisi infrastruktur kota ini sangat mendukung, demikian pula dengan masyarakatnya. Yang lebih penting lagi pimpinan Bandung sangat mendukung program smart city.

''Smart city itu tergantung sekali dengan CEO-nya. Walikota Bandung sangat mendukung pengembangan smart city,'' papar Indra. Ia optimistis bahwa smart city di Bandung akan berkembang cepat, karena visi sang walikota memang ingin menjadikan Bandung sebagai smart city.

Walikota Bandung Ridwan Kamil memang tengah menjadikan smart city sebagai sebuah sistem untuk mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Layanan berbasis teknologi informasi tersebut diharapkan tidak saja meningkatkan pelayanan kepada masyarakat namun juga meningkatkan kinerja aparatur pemerintah setempat.

Visi Ridwan menjadikan Bandung sebagai smart city menarik perhatian dan dukungan berbagai pihak. Pada Juni mendatang Ridwan diundang berbicara soal smart city di Amerika Serikat. ''Ini kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan smart city ke dunia,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement